8/13/2016

alternatif formula snack bar: iles-iles

Categories: , ,


1.         Alasan pemilihan
Iles-iles merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki potensi ekonomi cukup tinggi, tetapi sampai saat ini tumbuhan ini masih tumbuh secara liar dan belum dibudidayakan. Para petani kurang suka membudidayakan iles-iles karena masa tanamnya yang panjang, harga dan pemasarannya yang masih belum pasti dan merupakan buah yang sukar untuk dikonsumsi (ebookpangan, 2006). Iles-iles berpotensi menjadi komoditas ekspor. Nilai ekspor sangat tinggi terutama di Jepang. Menurut PT INACO (2003), Negara jepang membutuhkan tepung atau gaplek iles-iles (Amorphophallus muelleri Blume) lebih dari 1000 ton/tahun. Bahkan beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga sangat berminat dengan gaplek iles-iles Indonesia (Haryani, 2008). Berhubungan dengan keadaan tersebut, para penguasa iles-iles di bandung, semarang dan Surabaya sudah mulai mengusahakan perkebunan iles-iles  untuk kontinuitas bahan baku dan keseragaman varietas serta mendapatkan mutu yang baik dan stabil. Selain itu, pengusaha mengharapkan adanya penyuluhan kepada petani tentang varietas, penanganan dan informasi mengenai nilai ekonomis dari iles-iles (ebookpangan, 2006).
            Berdasarkan penelitian, kandungan serat umbi iles-iles tinggi dan tanpa kolesterol. Karena itu sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk diet. Selain itu mengandung glukomanan 20-65%. Tepung konjacdapat memberikan manfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat makanan (dietary fiber) telah terbukti dapat menurunkan risiko terkena diabetes dan penyakit jantung, salah satunya yaitu serat yang berasal dari konjac-mannan. Ada dua macam serat makanan yaitu serat larut (soluble fiber) dan serat tidak larut (insoluble fiber). Serat larut dapat menurunkan kadar kolesterol dengan mengikatnya di saluran pencernaan dan membawanya keluar. Sedangkan serat tidak larut dapat membantu masalah pencernaan seperti sembelit dan menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Manfaat lain dari serat bagi tubuh adalah membantu mengendalikan kadar gula, membantu menurunkan berat badan dan mengurangi resiko kanker (Haryono, 2008). Penelitian membuktikan bahwa konsumsi konjacmannan dosis tinggi dalam makanan tinggi serat selama delapan minggu dapat meningkatkan kontrol indeks glisemik dan metabolisme lema. Selain itu juga terjadi penurunan  Low Density Lipoprotein/LDL (kolesterol “jahat”) serta peningkatan Hight Density Lipoprotein/HDL (kolesterol “ baik”) (Faridah, 2014).












2.    Formulasi
Bahan  baku  utama  yang digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  tepung konjak, susu skim. Bahan penunjang yang digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  fruktosa,  telur,  margarin,  dan garam. Adapun komposisi dari food bar snack ini yaitu, tepung konjak (iles-iles) 20 gr, high frutose syrup 14 gr, susu skim 4 gr, putih telur 4 gr, bubuk kayu manis 1 gr, air 2 gr, margarin 3 gr, garam 0,5 gr. Adapun cara pembuatannya sebagai berikut:
           










DAFTAR PUSTAKA
Chandra, Feriana. 2010. Formulasi Snack Bar Tinggi Serat Berbasis Tepung Sorgum (Sorghum Bicolor L), Tepung Maizena, dan Tepung Ampas Tahu. Skripsi. FTP IPB. Bogor
Ebookpangan.com. 2006. Iles-Iles dan Hasil Olahannya. Ebook pangan.com
Faridah, A and widjarnako, S. 2014. Penambahan tepung porang pada pembuatan mi dengan substitusi tepung mocaf (modified cassava flour). Jurnal teknologi dan industry pertanian 25 (1)
Haryani, K and Hargono. 2008. Proses Pengolahan Iles-Iles (Amorphophallus Sp.) Menjadi Glukomannan Sebagai Gelling Agent Pengganti Boraks. Skripsi. Fakultas Teknik universitas diponegoro. Semarang



Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "alternatif formula snack bar: iles-iles"

Post a Comment

mohhasan22.blogspot.com. Powered by Blogger.

Popular Posts