8/13/2016

Tugas Tanaman Pangan Lokal: Kacang Komak (Lablab Purpureus (L.)

Categories: , ,


Kacang Komak (Lablab Purpureus (L.)

Kacang komak banyak ditemukan diwilayah kering.  Di Kabupaten Probolinggo, komak banyak dijumpai di wilayah Kecamatan Leces dan Kecamatan Bantaran. Umumnya komak ditanam oleh petani guna memberdayakan lahan yang untuk saat itu tidak memungkinkan untuk ditanami dengan tanaman pangan lain (seperti padi,jagung,dll) karena keterbatasan ketersediaan air. Komak biasanya ditanam pada musim kemarau dan hasil panennya (berupa biji komak) disimpan sebagai cadangan makanan.
Pemanfaatan komak oleh masyarakat selama ini yaitu digunakan sebagai sayur dan campuran nasi beras. Kacang komak memiliki kandungan gizi berupa protein yang cukup tinggi yaitu 22,7%, air 9,6%, lemak 0,8%, karbohidrat 60% dan mineral (fosfor dan besi) (Bagio, 2006).
Dari komposisinya, kacang komak dapat manfaatkan sebagai olahan pangan yang bergizi dengan melakukan penepungan terlebih dahulu. Selain itu kandungan protein yang tinggi dapat digunakan sebagai pengganti kedelai dalam pembuatan tempe dan sari kacang-kacangan.

Sumber:
Bagio, A Et Al. 2006. Karakteristik Biji Dan Protein Kacang Komak (Lablab Purpureus (L.) Sweet) Sebagai Sumber Protein. Jurnal Teknologi Dan industri Pangan, Vol. XVII No.2..


Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Tugas Tanaman Pangan Lokal: Kacang Komak (Lablab Purpureus (L.)"

Post a Comment

mohhasan22.blogspot.com. Powered by Blogger.

Popular Posts