11/02/2016

Buku : membantu menggenggam dunia dan mengantarkan ke akhirat

Categories: , ,

Buku merupakan jendela dunia yang memberikan berbagai ilmu dan pengetahuan kepada para pembacanya. Membaca buku memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan daya pikir dan imajinasi otak. Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut. Membaca buku merupakan proses utama dalam memperoleh ilmu disamping melihat dan mendengarkan guru dan lingkungan. Pentingnya membaca sebagai proses utama dalam memperoleh ilmu dan pengetahuan terlihat pada wahyu pertama nabi muhammad SAW yaitu surat al-alaq 1-5 yang memberi perintah kepada nabi untuk membaca. Pemikiran seseorang akan lebih terbuka dan lebih bijak apabila memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas.
Proses membaca buku yang dapat memberi manfaat berupa ilmu dan pengetahuan dapat mengantarkan kita kepada kebahagaian dunia. Orang berilmu akan lebih dihargai daripada orang yang tidak berilmu. Orang yang berilmu juga mampu memanfaatkan potensi lingkungannya dan terhindar dari masalah pada keidupn sehari-hari karena mereka cenderung mencari akal untuk mengatasinya. Ilmu akan membantu seseorang untuk menggenggam dunia.

Manfaat ilmu tidak hanya dunia saja, tetapi juga akan mengantarkan ke akhirat menuju tempat yang baik hal ini mengacu pada kalimat bijak “kalau ingin selamat didunia pelajarilah ilmu, kalau ingin selamat diakhirat pelajarilah ilmu”. Bagi umat muslim diwajibkan untuk mencari ilmu selama hidupnya terutama ilmu agama. Ibadah tanpa didasari ilmu akan sangat tidak dihargai oleh sang pencipta. Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk menyeimbangkan antara ilmu agama dan ilmu dunia serta menerapkannya untuk kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. Keseimbangan ini terlihat pada sabda nabi ”bekerjalah seakan engkau hidup selamanya dan berdoalah seakan engkau mati esok”.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Buku : membantu menggenggam dunia dan mengantarkan ke akhirat"

Post a Comment

mohhasan22.blogspot.com. Powered by Blogger.

Popular Posts