8/28/2016

Bonus demografi Indonesia 2030: sektor yang berpotensi untuk dikembangkan

Categories: ,


Bonus demografi Indonesia tahun 2030 akan memberikan dampak terhadap peningkatan kebutuhan masyarakat. Sebagaimana yangtelah diketahui bahwa kebutuhan dasar manusia akan meningkat seirig dengan meningkatnya jumlah populasi manusia. Kebutuhan pangan merupakan hal yang mendesak karena harus dipenuhi secara terus menerus dengan waktu yang cukup singkat. Selain itu, luas lahan untuk menghasilkan pangan bebanding terbalik dengan jumlah penduduk. Kebutuhan energi juga mengikuti kebutuhan pangan dan jumlah penduduk. Pangan dan energi mutlak harus dipenuhi oleh negara untuk menjaga kedaulatan. Negara yang tidak bisa menjaga kedaulatan pangan dan energi akan terganggu kedaulatan politiknya.
Dalam menyikapi bonus demografi yang akan terjadi, sektor yang berpotensi untuk dikembangkan adalah barang konsumsi, manufaktur dan infrasturktur. Selain industri tersebut, industri jasa juga berpotensi untuk dikembangkan mengingat masyarakat urban akan mendominasi populasi yang ada. Sektor-sektor tersebut jika berhasil dikembangkan akan mengantarkan Indonesia sukses menghadapi bonus demografi dan menjadi negara besar.
Meningkatnya jumlah penduduk Indonesia akan meningkatkan kebutuhan barang konsumsi. Selain itu, barang konsumsi juga dipengaruhi oleh kian meningkatnya pendapatan masyarakat saat ini. Hal itu akan bertambah jika negara mampu meingkatkan lapangan pekerjaan saat bonus demografi berlangsung. Masyarakat urban yang akan mendominasi populasi juga akan mempengaruhi peningkatan kebutuhan barang konsumsi. Kondisi ini karena asyarkat urban cenderung bersifat praktis, realistis dan individualis. Factor-faktor tersebut juga akan mempengaruhi industri jasa di Indonesia.
Bonus demografi Indonesia ditambah kondisi alam diindonesia yang luas dan subur menjadikan Indonesia sangat berpotensi menjadi negara besar. Sektor inrastruktur dan manufaktur akan sangat mendukung potensi itu. Infrastruktur adalah katalisator antara proses produksi, pasar dan konsumsi akhir. Bagi industry infrastruktur akan mengurangi biaya. Bagi negara, Infrastruktur akan berguna sebagai instrumen pengurangan kemiskinan, pembukaan daerah terisolasi dan mempersempit kesenjangan antar wilayah. Selain itu, masyarakat yang meningkat akan berdampak pada kebutuhan properti yang juga meningkat. Manufaktur juga sangat berpotensi mengingat bahan baku yang terdapat diindonesia sangat berlimpah. Manufaktur akan meningkatkan ekonomi negara dan menciptakan lapangan pekerjaan sehingga kesejahteraan akan meningkat.

Bonus demografi adalah peluang bagi Indonesia apabila potensi diatas dapat dikembangkan dan negara hadir untuk mendukung tercapainya peluang tersebut. Semua stakeholder bahu membahu memanfaatkan peluang tersebut. Jika anda akan membantu, jadilah salah satu stakeholder yang ada.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Bonus demografi Indonesia 2030: sektor yang berpotensi untuk dikembangkan"

Post a Comment

mohhasan22.blogspot.com. Powered by Blogger.

Popular Posts