12/21/2016

Sifat kaum yahudi pada zaman nabi muhammad

Categories: ,

Sifat kaum yahudi pada zaman nabi muhammad
Perang antara yahudi dengan rumawi pada tahun 70, berakhir dengan hancurnya negeri palestina dan dihancurkannya haikal (kuil) baitul muqaddas. Bangsa yahudi menjadi terpencar ke pelosok dunia. Dan sekelompok besar yahudi menuju negeri-negeri arab.
Terdapat tiga kabilah besar dari bangsa yahudi di madinah. Dengan jumlah laki-laki yagsudah baligh mencpai lebih dari dua ribu orang. Ketiga kabilah tersebut adalah Qainuqa’, Nadhir, Quraizhah. Ketiga kabilah memiliki hubungan yang kacau dan tegang. Mereka hidup dikampung-kampung berbeda. Mereka memiliki benteng dan perkampungan. Mereka hidup mandiri dengan perlindungan pemimpin kabilah. Mereka juga berlindung kepada perjanjian sekutu dari orang-orang baduwi dan arab.
Mereka menggambarkan diri sebagai ahli ilmu, ahli agama dan ahli hokum. Kepandaian bangsa yahudi dalam sihir dan perdukunan adalah kenyataan yang diterima sejarah. Para ulama dan pemimpin mereka mengakui hal itu dengan kesombongan dan kebanggaan. Orang yaudi lebih mengutamakan ilmu hitam daripada perang terbuka.
Hubungan bisnis mereka dengan orang lain adalah dalam bentuk sewa gadai dan riba. Mereka menguasai perekonomian madinah. Mereka menetapkan hokum dipasar-pasar dengan hokum yng keji. Mereka menimbun barang agar bisa terjual mahal untuk kepentingan dan manfaat mereka sendiri. Pola piker mereka gelap, merasa diri lebih mulia dari manusia lain disebabkan oleh egoism meeka dan melampaui batas dalam mengambil riba. Kepentingan mereka hanya berdasarkan penguasaan uang dimadinah.

Dari sisi agama dan dakwah, bangsa yahudi tidak suka memaksa untuk menganut agama mereka. Mereka tidak mampu memunculkan keberadaan mereka, mengukuhkan kesejahteraan dan keungguan meeka sebgai pengemban risalah dan kitab samawi.paganisme dan irrasionaisme bangsa arab tidak membuat mereka felisah atau menggerakkan sikap diam mereka. Mereka tidak mengajak kepada akidah tauhid sekalipun terjadi kerusakan moral dan kelemahan ada mereka. Factor utamanya mungkin tidak adanya kepuasan mereka dalam mendakwahkan agama para nabi kepada selain orang Israel.

sumber: Sirah Nabawiyah, karya abu hasan an-nadwi al-hasani

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Sifat kaum yahudi pada zaman nabi muhammad"

Post a Comment

mohhasan22.blogspot.com. Powered by Blogger.

Popular Posts