8/11/2016

Bonus Demografi Indonesia 2030

Categories:



Bonus demogafi yang terjadi diindonesia pada tahun 2030 merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. investor di Negara yang memiliki tren pupulasi dengan jumlah penduduk usia lanjut cukup tinggi akan berpindah ke Negara yang memiliki penduduk produktif lebih tinggi. usia produktif berpotensi memiliki lebih banyak pendapatan dan juga lebih banyak tabungan. Hal ini memberikan dampak yang signifikan terhadap permintaan yang ada sehingga Indonesia akan menjadi pasar yang cukup menjanjkan. Peluang ini akan lebih nyata apabila diikuti dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pertumbuhan investasi akan berdampak pada ketersediaan lapangan pekerjaan sehingga ketersediaan masyarakat juga meningkat.
            Bonus demografi ini dapat menjadi boomerang yang akan berbalik menjadi ancaman apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Bonus demografi mengakibatkan tingginya pengagguran. Hal ini disebabkan kualitas sumber daya manusia yang tidak sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang ada. bonus demografi juga akan menghambat Negara dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyrakat apabila Negara tidak dapat mengendalikan angka kelahira. Anggaran Negara akan terpecah lebih banyak kepada bayi-bayi yang baru lahir dalam upaya peningkatan kuaitas sumber daya manusia. Dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yaitu dengan melakukan peningkatan kesehatan, peningkatan pedidikan dan kecukupan gizi.
            Peluang bonus demografi dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat juga akan lebih nyata apabila seluruh stakeholder bahu membahu memanfaatkan peluang tersebut. Stakeholder yang dimaksud adalah pemerintah, akademisi, pengusaha dan masyarakat. Pemerintah sebagaipenentu kebijakan yang sesuai sert penyedia sarana umum yang menunjang ekonomi dan kesejahteraan manusia. Akadeisi berusaha dalam melihat dan menganalis apa yang sedang terjadi dan akan terjadi sebagai pertimbangan kebijakan serta membantu dalam penigkatan kualitas sumber daya manusia. Pengusaha sebagai pelaku ekonomi berusaha menignkatkan ekonomi dengan produksi dan menyediakan lapangan pekerjaan. masyarakat sebagai objek berpatisipasi dalam meningkatkan kuaitas diri dan lingkungan sekitarnya.

            Masyarakat urban akan mendominasi populasi yang ada. masyarkat urban adalah masyarakat yang tinggal di perkotaan, terdiri dari jenis pekerjaan/ keahlian dan berbagai ras, etnis dan agama. hal ini akan berdampak pada kesenjangan ekonomi antar wilayah. Kesenjangan ekonomi yangterjadi dapat diatasi dengan pemerataan ekonomi. Pemerataan ekonomi akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. 

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Bonus Demografi Indonesia 2030"

Post a Comment

mohhasan22.blogspot.com. Powered by Blogger.

Popular Posts